Happy Family
Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 2

Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 2
Cara menjaga gairah cinta adalah: Nurture fondness and admiration (menjaga rasa cinta dan rasa kagum) pada pasangan.

Hal kedua untuk menjaga gairah cinta adalah: Nurture fondness and admiration (menjaga rasa cinta dan rasa kagum) pada pasangan. Ini adalah obat mujarab untuk menepis kebiasaan melecehkan atau menunjukkan rasa tidak hormat pada pasangan (yg merupakan tanda ke-2 dari kiamat pernikahan menurut penelitian Dr. John Gottman, silahkan baca notes saya sebelumnya tentang 4 tanda menjelang kiamat pernikhan). lalu bagaimanakah caranya memelihara dan menunjukkan rasa cinta dan rasa kagum pada pasangan?

  • katakan padanya (jangan cuma dibatin dalam hati), katakan padanya mengapa anda mencintai dia, mengapa anda mengagumi dia? mengapa anda dulu memutuskan menikahi dia? 
  • buat daftar100 hal yg layak anda kagumi dari pasangan (ini resep Dr. John Gottman saat memberikan training "The Art & Science of Love") lalu saat berdua dengannya katakan ini padanya (tidak perlu langsung 100 hal itu disebutkan semua, cukup satu atau dua kekuatan/sifat baik/perilaku positif yg anda kagumi dari dia, dan berikan contoh yg spesifik, kapan dan dimana dia melakukan/menunjukka sifat positif itu)
  • Cari kesempatan untuk memergoki pasangan anda ketika dia menunjukkan sifat baiknya, cari kegiatan dimana pasangan anda bisa mempraktikkan kekuatannya. Jadi misalnya anda kagum karena suami punya sifat supportif, suka membantu orang lain, maka mintalah bantuan dan support dia, ijinkan dia menunjukkan kebaikan hatinya pada anda.
 

Ketiga, Turning toward, rather than turning away, Saling mendukung dan saling memberikan perhatian yg tulus. Ini adalah obat untuk penyakit stonewalling (tidak peduli pada pasangan). Kita bisa mempraktikkan ini dengan cara misalnya:
 

  • bertanya untuk menunjukkan perhatian kita padanya, anda mendengarkan untuk menunjukkan rasa empati pada pasangan
  • Menunjukkan solidaritas atau dukungan saat pasangan kita sedang down atau sedih, biarkan dia merasa bahwa anda bersamanya disaat2 sulit
  • Merayakan bersama keberhasilan pasangan, tertawa bersama, berbahagia bersama
  • Simple affection: memeluk istri saat dia masak, mencium suami saat bangun tidur, bergandengan tangan saat jalan2 di mall, mengecup kening istri setelah sholat berjamaah, memegang tangan pasangan atau membelai rambutnya saat nonton TV
  • Saat konflik, pegang mesrah tangannya, berikan joke yg mencairkan suasana, boleh marah atas perbuatannya, tapi tetap hormati, sayangi orangnya.
  • Melibatkan pasangan dalam kegiatan2 ringan yg sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri: mencuci piring berdua, belanja ke pasar berdua, menemani pasangan saat melakukan hobinya (walaupun sebenarnya anda tidak menikmati hobinya itu, tapi anda menikmati kebersamaannya).
 

Keempat, Invest in family Rituals (menyempatkan waktu untuk membangun kebiasaan unik dalam keluarga). Riset membuktikan bahwa pasangan yg menyempatkan waktu untuk membuat ritual keluarga (perayaan, tradisi, rutinitas harian, dll) menunjukkan rasa puas dan intimacy yg lebih baik dalam hubungan mereka. Bagaimana cara melakukannya? beberapa contoh berikut semoga bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk mulai membangun kebiasaan unik dalam keluarga kita.
 

  • Kebiasaan tahunan: mempraktikkan cara unik keluarga anda untuk mudik lebaran, acara ulang tahun, perayaan hari2 besar
  • Acara bulanan: liburan keluarga, belanja bulanan rame2, pengajian keluarga
  • Acara mingguan: puasa senin-kamis bersama, sholat jumat bersama yg diakhiri dengan acara menyenangkan (jadi ingat ayah saya dulu yg selalu ngajak anak2nya belanja rame2 setelah sholat jumat bersama), dinner special tiap malam minggu, pergi berdua dengan masing2 anggota keluarga, etc.
  • Acara harian: tadarus sekeluarga setiap habis maghrib, sholat subuh berjamah diakhiri dengan olah raga bersama, rutinitas menjelang tidur
  • pokoknya bikin kebiasaan2 unik yg hanya ada di keluarga anda, ini akan memberikan sense of identity pada anggota keluarga terutama pada anak2 kita, dan menguatkan & memperkaya hubungan serta meninggalkan kenangan2 indah.
 

Kesimpulannya: kalau kita ingin api cinta dalam keluarga tetap menyala selamanya, maka kita perlu berusaha dengan sungguh2, it takes alot of effort, but its really worth it.

 

jadi PR anda,  lakukan dengan sadar "Cinta (pekerjaanya) ini" maka "Cinta (perasaannya) akan terpelihara, bahkan makin lama makin "hot". Mulai dari yang mudah dan sederhana dulu, dan lihat hasilnya.

 

Tulisan ini saya akhiri dengan 2 kutipan yg disampaikan Christine Carter,

 

"There is only one happiness in life, to love and be loved" (George Sand)

"Once in a while, in the middle of ordinary life, love give us a fairy tale"

 

"Hanya ada satu cara untuk bahagia, yaitu dengan mencintai dan dicintai"

"Bahkan dalam aktivitas harian yang biasa saja, CINTA akan membuatnya jadi kenangan indah"









Happy Family Lainnya
Apa Penyebab STRESS dalam Keluarga & Solusinya
Apa Penyebab STRESS dalam Keluarga & Solusinya
Senin, 06 April 2015 14:34 WIB
Keluarga adalah dasar dari kehidupan semua orang. Masalah apapun yang dialami di kantor atau sekolah bisa diatasi dengan baik kalau kehidupan keluarga berjalan baik dan bebas stres. Tapi sebaliknya, masalah keluarga bisa mempengaruhi kinerja di kantor serta sekolah. “Kebahagiaan tertinggi berasal dari keluarga begitu pula sebaliknya penderitaan hidup tertinggi berasal dari keluarga” – Ahmad Faiz
Membahagiakan anak dengan apa yang dia suka dan inginkan (True Story)
Membahagiakan anak dengan apa yang dia suka dan inginkan (True Story)
Jum'at, 05 Juni 2015 11:18 WIB
Tulisan ini terinspirasi setelah saya melihat video Azka Corbuzior di Youtube. Benar sekali Azka adalah anak Dedy Corbuzier pesulap hebat dari Indonesia.
​Ancaman bahaya rokok yang perlu Anda ketahui !
​Ancaman bahaya rokok yang perlu Anda ketahui !
Jum'at, 05 Juni 2015 11:41 WIB
Banyak orang paham bahwa merokok sangat buruk untuk kesehatan, hanya tidak banyak orang paham bahwa itu benar-benar buruk untuk kesehatan,