Happy Family
Apa Penyebab STRESS dalam Keluarga & Solusinya

Apa Penyebab STRESS dalam Keluarga & Solusinya
Keluarga adalah dasar dari kehidupan semua orang. Masalah apapun yang dialami di kantor atau sekolah bisa diatasi dengan baik kalau kehidupan keluarga berjalan baik dan bebas stres. Tapi sebaliknya, masalah keluarga bisa mempengaruhi kinerja di kantor serta sekolah. “Kebahagiaan tertinggi berasal dari keluarga begitu pula sebaliknya penderitaan hidup tertinggi berasal dari keluarga” – Ahmad Faiz

Keluarga adalah dasar dari kehidupan semua orang. Masalah apapun yang dialami di kantor atau sekolah bisa diatasi dengan baik kalau kehidupan keluarga berjalan baik dan bebas stres. Tapi sebaliknya, masalah keluarga bisa mempengaruhi kinerja di kantor serta sekolah.

“Kebahagiaan tertinggi berasal dari keluarga begitu pula sebaliknya penderitaan hidup tertinggi berasal dari keluarga” – Ahmad Faiz

Beberapa hal yang paling sering menyebabkan masalah pada keluarga adalah cara membesarkan anak, masalah keuangan, dan masalah dalam hubungan pernikahan. Cara terbaik untuk menghindari stres pada keluarga Anda tentu saja adalah berusaha sebaik mungkin untuk menghindari masalah yang menyebabkannya.

MENGHINDARI STRESS KARENA MASALAH ANAK

1. Mengajarkan disiplin
Menurut Scott Haltzman, MD, penulis The Secrets of Happy Families, keluarga yang menentukan batasan yang jelas pada anak-anaknya akan lebih bahagia. Karena itu, tentukan peraturan yang harus diikuti anak dan keluarga, termasuk hukuman dan imbalan yang akan diberikan kepada anak kalau dia menaati atau melanggar peraturan tersebut. Hal ini mengajarkan tentang batasan dan disiplin pada anak, serta akibat positif dan negatif dari peraturan tersebut.

2. Mengajarkan berbagi
Mengajarkan berbagi membantu anak untuk mensyukuri apa yang telah dia miliki. Ajak dia untuk beramal ke panti asuhan ataupun orang tidak mampu di lingkungan Anda.

3. Komunikasi
Anak akan lebih bahagia bila merasa dekat dengan orang tua-nya. Teruslah berkomunikasi, baik secara langsung maupun melalui telfon atau SMS, untuk memantau anak Anda. Hal sederhana seperti, “Kamu sedang apa?” atau “Hati-hati di jalan, ya” akan membuat dia merasa dihargai dan dicintai.

MENGHINDARI STRES KARENA MASALAH KEUANGAN

1. Saling terbuka
Anda dan pasangan harus saling terbuka mengenai kondisi keuangan keluarga. Rencanakan bersama pengeluaran dan tabungan dari pendapatan Anda serta pasangan, lalu ikuti rencana tersebut dengan baik. Bila Anda dan pasangan saling terbuka, Anda juga bisa saling membantu mencari solusi terbaik bila terjadi masalah keuangan.

2. Memiliki tabungan pribadi
Tidak ada salahnya Anda dan pasangan memiliki tabungan pribadi masing-masing, asalkan tabungan pribadi ini tidak Anda rahasiakan dari pasangan Anda. Kalau Anda ingin menggunakan uang dari tabungan pribadi Anda, pastikan pengeluaran tersebut masih sesuai dengan rencana yang telah Anda buat bersama pasangan.

3. Konsultasi pada penasehat keuangan
Kalau Anda kesulitan mengatur keungan keluarga, jangan ragu untuk berkonsultasi pada penasehat keuangan untuk menghindari masalah keuangan yang terlanjur parah.

CARA MENGHINDARI STRES AKIBAT HUBUNGAN PERNIKAHAN

1. Jaga hubungan pernikahan
Pertengkaran dalam pernikahan adalah hal yang wajar terjadi. Yang penting adalah tidak membiarkan pertengkaran tersebut berlarut-larut. Menurut John Gottman, PhD dari University of Washington, rasio 5:1 sangat penting untuk menjaga pernikahan. Artinya, dari setiap 1 interaksi negatif dengan pasangan Anda, harus ada setidaknya 5 interaksi positif dengannya.

2. Mengkompromikan cara membesarkan anak
Perbedaan pendapat dalam cara membesarkan anak seringkali jadi penyebab masalah dalam pernikahan. Hindari masalah ini dengan mendiskusikan cara terbaik untuk membesarkan anak Anda bersama pasangan Anda.

3. Mengembalikan gairah pernikahan
Tak ada salahnya kencan berdua dengan pasangan Anda seperti saat pacaran dulu. Tapi sesekali cobalah melakukan hal baru bersama pasangan Anda, seperti mencoba jenis makanan baru, mengunjungi tempat baru, dll.
Membesarkan keluarga serta menjaga keharmonisan keluarga memang tidak mudah. Tapi bila keluarga Anda bisa mengatasi masalah dengan baik tanpa stress berlebihan, keharmonisan keluarga akan terjaga lebih baik.
 
Semoga membantu. Temukan Artikel keluarga bermanfaat lainnya di www.seftpro.com









Happy Family Lainnya
Membahagiakan anak dengan apa yang dia suka dan inginkan (True Story)
Membahagiakan anak dengan apa yang dia suka dan inginkan (True Story)
Jum'at, 05 Juni 2015 11:18 WIB
Tulisan ini terinspirasi setelah saya melihat video Azka Corbuzior di Youtube. Benar sekali Azka adalah anak Dedy Corbuzier pesulap hebat dari Indonesia.
Tanya Jawab bersama Master Founder SEFT Bapak Ahmad Faiz Zainuddin
Tanya Jawab bersama Master Founder SEFT Bapak Ahmad Faiz Zainuddin
Jum'at, 05 Juni 2015 15:43 WIB
Sebenarnya apa sih Teknik SEFT itu? dan bagaimana kesehariaan master founder kita ? Berikut penuturannya kepada Julvahmi dan Apriyadi Hidayat dari Jurnal Bogor.
​Ancaman bahaya rokok yang perlu Anda ketahui !
​Ancaman bahaya rokok yang perlu Anda ketahui !
Jum'at, 05 Juni 2015 11:41 WIB
Banyak orang paham bahwa merokok sangat buruk untuk kesehatan, hanya tidak banyak orang paham bahwa itu benar-benar buruk untuk kesehatan,