Healing
Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Manfaat Rebung Bagi Kesehatan
Rebung adalah salah satu makanan khas wilayah Asia. Bahkan ada istilah yang sering kita dengar ketika mengkonsumsi rebung “RAI – RAI GEDEK” yang artinya adalah “Muka – Muka Bambu / Tidak tau Malu”


Istilah itu yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya jika kita mengkonsumsinya, Padahal rebung menawarkan banyak manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kita mengkonsumsi rebung :
 

1. Menurunkan berat badan

Rebung bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.


2. Menurunkan kolesterol

Dalam setiap 100 gram porsinya, rebung mengandung gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh dan lemak jenuhnya sekitar 0,49 gram. Kedua hal tersebut membuat rebung menjadi makanan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan menyehatkan jantung.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Rebung juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


4. Mengatasi masalah pernapasan

Rebung mengandung asam amino dan merupakan sumber protein yang baik. Hal ini membuat rebung memiliki potensi untuk mengatasi masalah pernapasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat.


5. Menyehatkan pencernaan

Rebung dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati cacingan.


6. Melawan kanker

Rebung mengandung fitosterol seperti flavone, amilasi, dan klorofil yang dapat membantu melawan kanker.


7. Menurunkan tekanan darah

Tingginya kandungan kalium di dalamnya, membuat rebung menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya agar tetap normal. Mengkonsumsi rebung juga dikaitkan dengan penurunan depresi, penyakit mental, dan kecemasan.


8. Melancarkan siklus menstruasi

Apabila siklus menstruasi anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.


9. Menyembukan bisul dan luka

Berdasarkan penelitian terbaru, rebung mempunyai sifat anti inflamasi dan analgesik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul dan luka.


10. Memperlancar proses kelahiran

Rebung termasuk tanaman jenis uterotonika yang mampu membantu meningkatkan kontrasi rahim sehingga dapat memperlancar proses kelahiran.
 
Banyak bukan manfaat yang kita peroleh dari REBUNG jadi jangan segan – segan lagi untuk mengolah Rebung menjadi masakan yang Sehat dan juga Ekonomis karena harganya yang tidak terlalu mahal bahkan bisa kita dapatkan secara   Gratisss di sekitar tempat tinggal kita.
 









Healing Lainnya
Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 2
Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 2
Jum'at, 05 Juni 2015 14:35 WIB
Cara menjaga gairah cinta adalah: Nurture fondness and admiration (menjaga rasa cinta dan rasa kagum) pada pasangan.
Tanya Jawab bersama Master Founder SEFT Bapak Ahmad Faiz Zainuddin
Tanya Jawab bersama Master Founder SEFT Bapak Ahmad Faiz Zainuddin
Jum'at, 05 Juni 2015 15:43 WIB
Sebenarnya apa sih Teknik SEFT itu? dan bagaimana kesehariaan master founder kita ? Berikut penuturannya kepada Julvahmi dan Apriyadi Hidayat dari Jurnal Bogor.
​8 Tips Hidup Bahagia Bersama Pasangan
​8 Tips Hidup Bahagia Bersama Pasangan
Jum'at, 05 Juni 2015 11:50 WIB
Terus bahagia sepanjang hidup bersama pasangan tentu menjadi dambaan Anda. “Memilikinya serasa memiliki dunia” begitu jika seseorang sedang jatuh cinta.