Spiritual
Sudahkah Kita Bersyukur Hari ini ?

Sudahkah Kita Bersyukur Hari ini ?
Sudahkah kita Bersyukur Hari ini ? Bersyukur adalah sebuah kewajiban yang sering terlupakan tanpa kita sadari setiap harinya. Menjadi Pribadi yang selalu bersyukur adalah keinginan setiap individu. Seperti firman Allah “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7). Lalu mengapa kita masih sulit sekali untuk bersyukur dalam kehidupan sehari – hari ?

Sudahkah Anda Bersyukur hari ini ?

Bukankah sejak kecil kita sudah belajar dan memahami tentang firman Allah “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7). Lalu mengapa kita masih sulit sekali untuk bersyukur dalam kehidupan sehari – hari ?

Padalah apabila kita bersukur dan kita tuliskan perasaan kita selama satu hari mungkin halaman buku kita akan penuh, karena banyak sekali nikmat yang ita rasakan. Seperti kita masih bisa bernafas, detak jantung masih ada, mata dan telinga masih berfungsi, kaki tangan masih bisa kita gunakan dengan baik, dan masih banyak lainnya.

Orang yang suka bersyukur dibandingkan dengan mereka yang suka mengeluh setiap hari, dan  orang yang mencatat daftar alasan yang membuat mereka berterima kasih juga merasa bersikap lebih menyayangi, memaafkan, gembira, bersemangat dan berpengharapan baik mengenai masa depan mereka. Di samping itu, keluarga dan orang – orang disekitar mereka yang selalu bersyukur  tampak lebih bahagia dan lebih menyenangkan ketika bergaul.

Berikut adalah dua manfaat syukur. Mudah-mudahan bisa memotivasi kita menjadi hamba yang pandai bersyukur lagi.

  1. Pahala dari Allah. Jelas, bersyukur adalah perintah Allah, kita akan mendapatkan pahala jika kita bersyukur dengan ikhlas.
  2. Menciptakan Feeling Good. Dengan bersyukur akan membuat kita lebih bahagia. Perasaan kita menjadi lebih enak dan nyaman dengan bersyukur. Bagaimana tidak, pikiran kita akan fokus pada berbagai kebaikan yang kita terima.

Apa Hubungan Pahala dari Allah Dengan Sukses?

Jelas sekali. Semakin banyak pahala dari Allah, maka Allah akan lebih sayang kepada kita. Jika Allah lebih sayang, maka pertolongan Allah semakin dekat. Do’a-do’a kita dikabulkan. Tindakan dan pikiran kita dibimbing, diarahkan ke jalan yang benar. Bukankah ini luar biasa?

Lalu apa manfaat Feeling Good?

  • Jika Anda yang percaya dengan Hukum Daya Tarik (law of attraction), feeling good akan meningkatkan kekuatan Anda menarik apa yang Anda inginkan. Kekuatan hukum ini akan sebanding dengan keyakinan dan perasaan positif. Sementara semakin banyak kita bersyukur, akan semakin banyak perasaan positif pada diri kita.
  • Bersyukur akan menciptakan emosi yang positif karena kita fokus pada hal-hal yang positif. Semakin banyak Anda bersyukur akan semakin besar motivasi yang Anda miliki. Syukur memfokus pikiran kita kepada hal-hal positif, kufur justru mengarahkan pikiran kepada hal yang negatif.
  • Bersyukur akan membentuk pola pikir sukses. Pola pikir sukses adalah keyakinan dalam mendapatkan. Saat kita bersyukur, maka pikiran kita secara tidak sadar diberikan suatu “pola” mendapatkan, sehingga akan terbentuk pola sukses. Semakin banyak bersyukur, pola pikir sukses Anda akan semakin kuat.

Dengan melihat ketiga manfaat dari feeling good, kita bisa menyimpulkan bahwa feeling good adalah mungkin menjadi salah satu cara Allah memberikan nikmat tambahan kepada kita.

Cara Meningkatkan Syukur
Berikut adalah sedikit cara untuk meningkatkan rasa Syukur kita kepada Tuhan kita.

  • Kitta harus lebih jeli dan peka terhadap berbagai nikmat yang diberikan Allah kepada kita. Kurangnya kepekaan terhadap nikmat Allah akan mengurangi syukur kita, Meningkatkan kepekaan bisa dilakukan dengan melakukan perenungan terhadap apa yang terjadi pada hidup kita sehari-hari. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk merenungkan nikmat setiap harinya.
  • Sadari bahwa: Setiap saat, kita mendapatkan nikmat baru. Satu detik waktu berlalu berarti kita mendapatkan nikmat hidup selama satu detik. Nafas kita, penglihatan kita, penciuman kita, detak jantung kita dan sebagainya yang tidak mungkin disebutkan disini.
  • Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, baik kejadian pada diri sendiri maupun orang lain. Sementara setiap saat selalu ada kejadian, berarti selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Sementara hikmah adalah suatu nikmat. Syukurilah. Caranya ialah dengan rajin tafakur. Pikirkan apa hikmah dari setiap kejadian? Anda akan menemukan banyak hikmah dan lebih banyak bersyukur.

3 Cara untuk meningkatkan syukur ini bisa kita lakukan sehari – hari,  bahkan setiap saat. Sebab bersyukur adalah sebuah ibadah, tidak diukur oleh keberhasilan materi kita. Justru, jika Anda lupa bersyukur, apa yang telah Anda miliki bisa jadi malah menjadi laknat, bukan lagi nikmat.

Jadi fahami, bagaimana syukur bisa mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih sukses, kemudian tingkatkan syukur Anda.

Semoga Artikel ini bermanfaat buat kita semua, dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin 

 

 









Spiritual Lainnya
Mengatasi Phobia Tikus dengan Teknik SEFT
Mengatasi Phobia Tikus dengan Teknik SEFT
Jum'at, 22 Mei 2015 22:59 WIB
Orang yang mengalami Phobia pada tikus merasakan ketakutan yang berlebihan dan biasanya bersifat irasional / diluar akal (penalaran) yang sehat.
Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 1
Bagaimana Menjaga Api Cinta Dalam Pernikahan by Ahmad Faiz Z. - Part 1
Jum'at, 05 Juni 2015 14:29 WIB
Beberapa orang merasa bingung mengapa gairah cinta pada pasangannya tidak sepanas dulu ketika pengantin baru. Beberapa kawan menerima begitu saja kenyataan yang umum terjadi ini.
​8 Tips Hidup Bahagia Bersama Pasangan
​8 Tips Hidup Bahagia Bersama Pasangan
Jum'at, 05 Juni 2015 11:50 WIB
Terus bahagia sepanjang hidup bersama pasangan tentu menjadi dambaan Anda. “Memilikinya serasa memiliki dunia” begitu jika seseorang sedang jatuh cinta.