Tentang SEFT
Sejarah SEFT

Sejarah SEFT
Terlahirnya SEFT diperkenalkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin. SEFT adalah metode baru dalam melakukan EFT. Efektif dan powerfulnya SEFT diakui oleh konselor Singapura, Ritta Haq dan Rodney Woulfe dibandingkan EFT yang sudah mereka gunakan mereka selama 3 tahun dalam praktek konselernya. Begitupula dengan Niale Mcloughlin seorang corporate trainer senior yang telah mempraktekan energy psychology dari 8 tahun.

 

Sejarah SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique)

 
  • Akupuntur dan Akupresur

Akunpuntur dan akupresur adalah contoh nyata penggunaan system energy tubuh untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan fisik dengan cara menekan (menancapkan jarum) kebeberapa titik tubuh. Cara ini terbukti menghilangkan rasa sakit secara efektif dengan merangsang system energy tubuh yang berhubungan langsung dengan sumber rasa sakit. Begitupula SEFT yang juga merangsang system energy melalui titik-titik tubuh untuk memulihkan kesehatan kita. Perbedaannya terletak pada cara SEFT yang lebih aman, sederhana dan mudah yakni menggunakan 2 ujung jari sebagai media untuk menekan dan manfaat SEFT yang lebih luas untuk mengatasi berbagai masalah (bukan hanya gangguan fisik)
 
  • Chiropractic and Applied Kineslogogy

Dr. George Goodheart mengembangkan satu metode, yakni mendiaknostik penyakit dengan cara menyentuh bagian otot tubuh (muscle testing) yang saat ini disebut dengan Applied Kineslogogy. Menurutnya gangguan penyakit yang terjadi pada diri seseorang berdampak pada melemahnya otot tertentu dan menjadi pusat tubuh yang sedang sakit. Prinsip ini ditindak lanjuti lebih jauh oleh psikiater pakar pengobatan holistic, Dr. John Diamond yang merupakan salah satu murid Goerge Goodheart.
 
  • Energy Psychology

Konsep “Hubungan system energy tubuh dengan gangguan psikilogis” oleh DR. John Dianmond mendasari terlahirnya Energy Psychology. Sebuah terobosan yang menggabungkan prinsip kedokteran timur dengan ilmu psikologi. Dalam teori ini kita menggunakan energi tubuh kita untuk mempengaruhi pikiran, perasaan dan juga perilaku. Energy Psychology ini menjadi pondasi terlahirnya Tought Field Therapy (TFT) yang dipelopori Dr. Roger Callahan.
 
  • Tought Field Therapy (TFT)

Dr. Callahan yang mempelajari system enegy tubuh mencoba mempraktekannya dengan mengetuk (tapping) dengan ujung jari ke bagian bawah mata pasiennya yang mengalami phobia air (water phobia). Begitu mengejutkan selama kurang lebih 1,5 tahun ia mengobati pasien dengan berbagai macam metode dan kini pasien melaporkan bahwa ia tidak takut lagi pada air bahkan sembuh total setelahnya. Terbukti metode TFT ini mampu menyembuhkan gangguan emosi secara instan. Karena keberhasilannya, Dr Callahan membuat alat diagnose gangguan system energy tubuh (Voice Technology) dan dibeli pertama kali oleh Gary Craig yang kini terkenal dengan teknik Emotional Freedom Technique.
 
  • Emotional Freedom Technique (EFT)

Kegigihannya untuk mencari sebuah metode yang paling sederhana mempertemukannya dengan penemuan Dr. Callahan yakni TFT. Saat itu ia menghabiskan USD 110.000 agar dilatih langsung oleh penemunya dan membeli alat Voice Technology TFT. Sayangnya metode yang diajarkan Dr Callahan masih rumit dan tidak praktis, sehingga ia terpanggil untuk menyederhanakannya agar penemuan berharga ini dapat dimengerti oleh orang awam. Maka terlahirlah EFT dari jerih payah sang Maestro ini.
 
  • EFT for Peak Performance

Gary Craig memperkenal EFT sebagai metode penyembuhan yang paling sederhana dan efektif, namun tidak ditangan Steve Weels. Ia mengguankan teknik EFT lebih jauh lagi yakni, untuk meningkatkan prestasi (peak performance) dan kini Stave Weels menjadi pembicara dan konsultan international dibidang peak performance dan menjadi jembatan terciptanya SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) oleh Ahmad Faiz Zainuddin.
 
  • SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique)

Terlahirnya SEFT diperkenalkan oleh Ahmad Faiz Zainuddin. SEFT adalah metode baru dalam melakukan EFT. Efektif dan powerfulnya SEFT diakui oleh konselor Singapura, Ritta Haq dan Rodney Woulfe dibandingkan EFT yang sudah mereka gunakan mereka selama 3 tahun dalam praktek konselernya. Begitupula dengan Niale Mcloughlin seorang corporate trainer senior yang telah mempraktekan energy psychology dari 8 tahun.
Selain Energy Psychology, Efektifnya SEFT tidak terlepas dari Energy Spiritual, dimana doa dan spiritualitas terbukti secara ilmiah memiliki kekuatan yang sama besar dengan pengobatan dan pembedahan. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Larry Dossey MD, seorang dokter ahli penyakit yang melakukan penelitian ekstensif tentang efek doa terhadap kesembuhan pasien. Selain itu ada sekitar 500 penelitian tentang doa yang didentifikasi oleh Office of Prayer Research (USA).